22 Agustus 2015

Hilangkan proses CHKDSK di Client (Cyberindo)

proses CHKDSK
proses CHKDSK di Client

Menghilangkan proses CHKDSK di Client saat Booting

Setelah beberapa lama semenjak instalasi Cyberindo di warnet anda, satu persatu client sering terserang penyakit CHKDSK saat awal-awal booting. Sehingga tenggang waktu boot terasa sangat lama dan mengganggu kenyamanan para user di warnet anda. terkadang si windows malah gagal boot dan bluescreen.

Tetapi juragan tidak perlu khawatir, berikut ini saya akan berikan langkah penyelesaiannya untuk mengilangkan proses CHKDSK di client pada saat booting.

Cekidot..!!


Problem : 


  • Client di Mode Diskmode dan Virtual selalu menjalankan proses CHKDSK saat booting, terkadang bluescreen dan gagal booting yang biasa di sebut bootloop


Solusi Penanganan: 


  • Pertama sekali Disable terlebih dahulu Restore di Client bisa langsung dari client maupun melalui Server / Cafe Console pastikan komputer klien telah di restart.
  • Bila terjadi Bootloop silahkan tekan sembarang tombol saat proses CHKDSK berlangsung, sehingga windows bisa booting, dan segera Disable fitur Restore di Client.
  • Kemudian Biarkan proses CHKDSK berjalan normal sampai benar-benar selesai, mungkin saja ada file korup yang bisa diperbaiki proses tersebut.
  • Setelah Windows selesai loading, restart kembali Client untuk memeriksa apakah proses terulang lagi.
  • Apabila proses CHKDSK sudah tidak ada maka silahkan anda meng-enablekan kembali restore.
  • Apabila proses CHKDSK masih ada, maka jalankan Run>Cmd , ketik " chkntfs /x c: d: e: " tanpa tanda kutip.
  • Kembali ke urutan ke 3. untuk mengetahui apakah proses CHKDSK masih ada atau tidak
Pada dasarnya proses CHKDSK ini adalah proses perbaikan file yang korup, bisa saja disebabkan oleh harware maupun software, tetapi karena di sisi klien kita sudah ditanamkan fitur Restore, maka file yang korup atau rusak akan kembali lagi setelah komputer klien direstart.

Oleh karena itu, solusi yang diberikan disini adalah menonaktifkan fitur restore terlebih dahulu sehingga file korup tadi dapat benar-benar di perbaiki oleh proses CHKDSK yang berjalan pada saat boot awal, tetapi ingat agar kembali mengenable atau mengaktifkan kembali fitur restore di klien agar windows tidak diacak-acak oleh user.

Mudah-mudahan setelah mengikuti cara-cara di atas permasalahan agan dapat terselesaikan, bila masih belum selesai silahkan bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.



Sumber : Pengalaman Pribadi


2 komentar

gan , masalahnya kalo di client itu ke stuck di checkin system on c , dan g masuk2 ke desktop , dan waktu checkin saya tekan sembarang untuk cancel checkin , spy bisa ke desktop , kan biasanya kalo di cancel checkin otomatis lgsg masuk ke desktop kan gan , , nah ini masalahnya waktu saya cancel dia maala ke stuck gan , itu kayamana yah gan?? , mohon pencerahannya gan .

coba di scan dulu bad sector di harddisk

http://lokanisme.blogspot.co.id/2015/06/ghost-1101-dan-hdd-regenerator.html

bisa dilihat disini gan

Silahkan bertanya asalkan sopan