24 Oktober 2017

Mode Diskless dan Virtual Hanya Bisa Hidup atau Main Game di 5 PC (CYBERINDO)

Cyberindo Updater Mode Diskless / Virtual Hanya Bisa 5 PC


Tiba-tiba PC di warnet Juragan ngambek tidak mau hidup, hanya bisa 5 unit yang bisa beroperasi normal. akibatnya warnet tidak dapat beroperasi seperti biasa dan menimbulkan kerugian. Kendala ini disebabkan karena Status Virtual / Diskless Kehilangan akses lisensi, tidak terkonfigurasi dengan benar menuju harddisk game di server menyebabkan kondisi gamedisk menjadi Offline. Berikut ini akan saya jabarkan tutorial penyelesaian dan juga langkah-langkahnya.

Permasalahan :

  • Mode Virtual , Partisi Virtual hanya keluar pada 5 PC yang terlebih dahulu di hidupkan dan tidak keluar di PC yang lainnya.
  • Mode Diskless, PC yang bisa boot hanya bisa 5 Unit dan untuk PC lain akan berakhir dengan stuck di logo PXE sampai akhirnya blue screen.

Deteksi :

  • Tampilan status pada DiskSyncConsole game disk berubah menjadi Offline seperti gambar di bawah ini.

Status CafeSyncConsole Menjadi Offline
CafeSyncConsole Offline

Langkah Penyelesaian Masalah :

  • Siapkan Secangkir kopi, cemilan juga rokok (bila anda merokok). lalu pelan pelan jalankan langkah-langkah berikut ini dengan teliti agar hasil nya bisa sempurna.
Lokasi Folder Diskless Console
Lokasi Folder dapat berbeda-beda 

  • Klik kanan Icon Diskless Console pada tampilan desktop server, lalu pilih "open location".
  • Setelah masuk ke lokasi Diskless Console, masuk lagi ke dalam folder "cafe_storage_console".

ConfigIP.exe dan isi sesuai Local IP server
Jalankan ConfigIP.exe dan isi sesuai Local IP server
  • Jalankan "configIP.exe" lalu masukkan alamat IP server anda pada kolom atas dan bawahnya, Jika sudah maka lanjutkan dengan klik tombol "confirm".

install_service_silent.bat
Jalankan kedua file batch dan satu persatu

  • Jalankan satu persatu program "install_service.bat" tunggu sampai selesai,baru kemudian jalankan program "install_service_silent.bat" tunggu sampai selesai sebelum masuk ke langkah selanjutnya.

Diskless Console dan Restart Service
Jalankan Diskless Console lalu jalankan Restart Service

  • Tutup tampilan folder lalu jalankan program "Diskless Console" yang ada di desktop. Setelah tampilan "Cyberindo Disk" muncul, lanjutkan dengan menjalankan restart service seperti yang ada digambar. Tunggu sampai ada notifikasi "berhasil" apabila tidak muncul tutup dahulu tampilan "Cyberindo disk" lalu Buka dan jalankan kembali "restart service".

Restart Service untuk cafe console
jalankan Restart Service untuk cafe console


  • Kembali ke desktop dan cari file "restart service" lalu di jalankan, restart service ini berfungsi untuk menormalkan kinerja Cafe Console agar menjadi normal. Tunggu sampai tampilan Restart service tadi selesai dan tertutup.

Pastikan kembali Status CafeSyncConsole
Pastikan kembali Status CafeSyncConsole

  • Periksa kembali tampilan pada DiskSyncConsole dan pastikan status telah berubah menjadi online, pertanda tutorial telah dijalankan dengan sempurna.
  • Bila status SyncConsole telah online, silahkan coba hidupkan semua PC klien dan pastikan semua sudah berjalan seperti sedia kala.
  • Bila tutorial belum sukses, kamu bisa mencoba untuk restart terlebih dahulu PC server dan jalankan langkah-langkah ini dari awal lagi.


Demikian Tips dan Trik yang bisa saya share kali ini , dimana Trik ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi dan semoga bermanfaat bagi Juragan sekalian.


Salam Ganteng,
Bang LoKAn.




13 komentar

alhamdulillah akhirnya normal kembali Terima kasih atas infonya... sangat membantu gan.....

terimakasih , sangat membantu :D

Cara diatas sukses gan,,, yang jadi pertanyaan saya sekarang kenapa ya ketika pc server dimatikan game disk kembali offline lagi dan harus disetting manual seperti diatas.. mohon masukannya terima kasih

iya gan, saya juga mengalami masalah yg sama

Terima kasih mimin tutorialnya sangat bermanfaat, salam Samarinda

sanget membantu,.. terimakasih dulur

terima kasih gan tutorial nya sip teruskan gan

betul gan kalo di saya setelah 30 menit kembali offline solusi nya gmana ya gan?

kalo server saya tiap tiga puluh menit kembali offline gmana cara mengtasi nya gan?

terimakasih gan tutornya membantu,ada pertanyaan saya setelah berjalan sekitar 30 menit kembali ofline,tolong pencerahannya gan :)

makasih ... smoga berkah ilmu nya. dan jadi orang kaya

thanks gan ini sngt membantu

Silahkan bertanya asalkan sopan