05 Oktober 2015

Cara Kloning (Clone) Client Cyberindo

Cara Kloning (Clone) Client Cyberindo

Cara Kloning (Clone) Client Cyberindo
Software Northon Ghost



Bisnis warnet tidak selalu berjalan semulus yang kita bayangkan, masalah pasti selalu ada. Salah satunya adalah kerusakan di Hardware maupun Software. Kali ini saya akan coba membahas kerusakan pada OS yang bisa di sebabkan berbagai hal.

Harddisk Badsector, virus atau file corrupt dapat menyebabkan file OS menjadi rusak hingga gagal pada saat booting maupun file tidak dapat digunakan lagi, jika melakukan install ulang dengan method lama mungkin terasa kurang efektif dikarenakan untuk instalasi OS saja memakan waktu 10 - 15 menit. Belum lagi menginstall driver, file pendukung, dan file game nya.

Clone adalah salah satu cara pintas untuk memindahkan isi HDD secara utuh ataupun partisi ke HDD lainnya. biasanya yang di clone adalah HDD antar client. Tapi Beberapa hasil Clone Sering gagal karena BSOD. Nah... Berikut ini adalah beberapa tips and trik untuk mengkloning HDD Client Cyberindo dan meminimalkan BSOD.

Cekidot...!!!!

Permasalahan :

  • OS bermasalah sehingga tidak dapat boot.
  • HDD rusak sehingga akan di gantikan dengan HDD baru
  • OS terkena Virus, Membersihkan virus pasti lebih lama dibandingkan melakukan Clone.

Solusi :



  1. Pastikan tipe chipset atau mother board sama, karena bila berbeda beresiko BSOD (Blue Screen Of Death).
  2. Perhatikan port sata pada mother board source, bila pada posisi port 1 maka pada mother board destinasi seharusnya di port 1 juga.
  3. Lakukan proses Clone seperti biasa dengan software favorit anda (ghost atau acronics true image)
  4. Booting terlebih dahulu PC yang telah di cloning, apabila berhasil booting tanpa BSOD silahkan cek dan install driver yang diperlukan.
  5. Untuk merubah Nama dan IP dari PC tersebut, maka anda bisa melakukannya dari program Cyberindo Client Setup
  6. (START>Program>Cyberindo Client>Cyberindo Client Setup)


Tutorial ini diperuntukkan bagi Owner/Teknisi Warnet yang telah menggunakan Produk Cyberindo Updater

Apabila Benefit tidak didapat setelah proses clone, silahkan hubungi CS Cyberindo untuk merefresh Benefit.

Mudah-mudahan setelah mengikuti cara-cara di atas permasalahan agan dapat terselesaikan, bila masih belum selesai silahkan bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

Regards,

Bang LoKAn

Silahkan bertanya asalkan sopan