24 Oktober 2017

Tips Memilih Teknisi Komputer dan Jaringan Untuk Warnet Anda


DblueesNet Jilid1


Warnet Memerlukan Seorang Teknisi Komputer dan Jaringan

Bisnis warnet memang tidak selalu mulus seperti yang juragan harapkan, karena bisnis ini memiliki banyak aspek yang harus selalu diperhatikan agar terus dapat menunjang performa Bisnis Warnet yang Juragan miliki. Seorang teknisi adalah salah satu peran penting dalam Bisnis Warnet, Tanpa adanya seorang Teknisi maka Laju pertumbuhan Bisnis warnet ini dapat berjalan tersendat-sendat.

Hal-hal yang sering menjadi kendala dalam bisnis Warnet adalah kerusakan pada PC ataupun Jaringan yang menyebabkan Bisnis Warnet tidak dapat berjalan, Bila warnet juragan sudah mencapai omset 500 ribu / Hari maka hitung kerugian yang juragan dapatkan bila warnet tutup selama beberapa hari karena terjadi kendala di warnet.

Mengapa Sosok Teknisi Warnet Begitu Dibutuhkan ?

Kalau Juragan seorang Teknisi atau memiliki keahlian dibidang warnet, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kehadiran sosok teknisi juga bisa menjadi momok menakutkan dalam Bisnis Warnet juragan. Karena sering terjadi kerugian besar ketika memiliki Teknisi yang tidak jujur, kurang profesional, ataupun kurang disiplin waktu.

Teknisi Profesional

Teknisi profesional dapat menyelesaikan masalah di warnet Juragan dengan cepat, biasanya tidak suka bertele-tele dan mampu mewujudkan keinginan juragan dengan skill dan kemampuannya di bidang Hardware, Software maupun jaringan. Di dukung dengan Pendidikan yang tinggi juga disertai Jam terbang yang lumayan membuat Teknisi kategori ini ditempatkan di kantor-kantor dengan jabatan IT. tetapi biasanya jenis teknisi ini sudah banyak dipakai jasanya sehingga susah membuat sang teknisi datang tepat waktu saat di butuhkan dan juga biaya untuk jasa beliau tidaklah murah.

Teknisi Semi-Profesional

Teknisi di kategori ini cocok untuk di warnet juragan, Biasanya skill di dapat secara otodidak karena hobi dan minatnya tetapi jam terbang sudah lama. dalam menyelesaikan Troubleshoot biasanya menggunakan sedikit teknik googling, untuk biaya jasa juga masih manusiawi dan Teknisi dikategori ini juga menjadi idola setiap Juragan warnet dan biasanya harus membuat janji untuk menggunakan jasanya max H+3 setelah terjadi kendala di warnet Juragan.

Teknisi Biasa

Teknisi di kategori ini adalah seorang teknisi yang baru memulai karier, jam terbang masih rendah tapi minat sudah tinggi untuk belajar, atau bisa juga seorang teknisi lama tetapi tidak update dengan perkembangan jaman, ciri-cirinya masih menggunakan metode lawas dalam hal install dan repairing. Bisa datang tepat waktu karena kesibukan tidak terlalu banyak, tetapi sering pengerjaan Troubleshoot memakan waktu lama atau malah salah diagnosa atau salah sasaran. untuk harga jasa juga tidak terlalu mahal.


Teknisi Penipu

Untuk Teknisi di kategori ini adalah sebuah bencana bila di pekerjakan di tempat agan, ciri-ciri nya mulutnya manis, janji terlalu tinggi, skill gonta-ganti hardware yang katanya rusak padahal enggak, sering menjelek-jelekkan kerja teknisi lain, menghancurkan harga pasaran jasa warnet agar mudah mendapatkan mangsa baru dan lain-lain. biasanya teknisi di kategori ini berakhir dengan kabur dan putus hubungan.


Beda Teknisi Dengan Sistem Gaji Bulanan dan Per-panggilan

Untuk pembayaran jasa Teknisi Warnet biasanya juragan menerapkan kedua sistem ini, dimana terdapat perbedaan yang seharusnya juragan ketahui yang memiliki sisi positif maupun negatif terhadap Warnet juragan.

Teknisi Per-panggilan

  • Biaya lebih terjangkau, biasanya di hitung jasa berdasarkan tingkat kerusakan dan jumlah unit yang di perbaiki. apabila tidak terjadi kendala di warnet maka biaya ini bisa di minimalisir.
  • Tidak terikat kontrak, dimana sang Teknisi tidak memiliki beban moral untuk harus datang ataupun mau mengerjakan kendala di warnet juragan. Biasanya Teknisi akan datang setelah beberapa hari kemudian.
  • Salah satu sisi negatifnya adalah Teknisi tidak memberi jaminan pengerjaan jasanya akan bertahan lama.

Teknisi Gaji Bulanan

  • Biaya Lebih mahal karena dihitung perbulan baik itu ada kerusakan/kendala ataupun tidak, bila tidak ada kerusakan maka seolah-olah teknisi mendapat gaji buta.
  • Terikat kontrak, dimana teknisi harus bersedia di hubungi atau di panggil di jam kerja baik bila itu karena kendala, upgrade, maintenance, ataupun hanya sekedar menanyakan saran.
  • Sisi Positif nya adalah Teknisi selalu bekerja yang terbaik dan berdoa agar Warnet agan selalu sehat dan baik-baik saja.

Tips Tambahan :

  1. Cari Teknisi Warnet yang berdomisili dekat dengan tempat Warnet Juragan, sehingga lebih cepat tanggap bila terjadi kendala.
  2. Teknisi yang selalu update dengan perkembangan teknologi terutama di bidang warnet, misalnya menggunakan Updater Cyberindo.
  3. Cari tahu latar belakang sang Teknisi sebelum mempekerjakannya, tanya dimana saja sebelumnya dia pernah menangani warnet sebelum Warnet juragan.
  4. Cari Testimoni Juragan lain yang pernah memakai jasa Teknisi Tersebut.
  5. Beri gaji yang manusiawi, sesuaikan dengan omset dan Jumlah PC Juragan.
  6. Khusus Teknisi Per-Panggilan bila kendala selesai sebelum dia sampai di lokasi segera hubungi Teknisi tersebut. Bila Teknisi sudah sampai di warnet tetapi kendala sudah tidak ada, minimal berikan dia uang bensin dan waktunya karena dia sudah datang.

Demikian Artikel yang saya buat kali ini untuk membahas mengenai Tips memilih Teknisi Warnet untuk Juragan sekalian. Bila ada kata-kata yang tidak pantas silahkan di kritik di kolom komentar di bawah ini.

Salam Ganteng,
Bang LoKAn


Silahkan bertanya asalkan sopan