29 Desember 2015

10 shortcut pada keyboard yang harus anda tahu

shortcut pada keyboard
Jalan Pintas pada keyboard


10 shortcut pada keyboard yang harus anda tahu



Anda seorang maniak komputer? atau seorang penulis artikel?
Pada era modern seperti sekarang ini komputer adalah alat yang sangat membantu manusia baik itu dalam pekerjaan, menuangkan ide, ataupun sebagai penghibur. Tapi tidak semua orang tahu cara memaksimalkan penggunaan keyboard dengan tepat

Berikut ini saya akan mencoba memberikan sedikit tips yaitu 10 shortcut pada keyboard yang harus anda tahu, yang sangat membantu kita mengefesiensikan penggunaan keyboard sehari hari

1. Ctrl + C atau Ctrl + Insert dan Ctrl + X


Keduanya  Ctrl + C dan Ctrl + Insert akan  mengcopy text yang telah ditandai ataupun objek yang telah dipilih dan akan tersimpan pada clipboard. Bila anda hanya ingin memindahkannya saja tanpa menggandakannya maka anda bisa menekan tombol Ctrl + X.


2. Ctrl + V atau Shift + Insert


 Kedua pintasan ini  Ctrl + V dan Shift + Insert akan memindahkan text ataupun objek yang sebelumnya telah tersimpan pada clipboard.


3. Ctrl + Z dan Ctrl + Y


Dengan menekan tombol Ctrl + Z maka anda akan membatalkan atau kembali satu tahap sebelum adanya perubahan yang telah dilakukan. misalnya, bila anda memindahkan sebuah text, dengan menekan  pintasan ini maka perubahan ini akan dikembalikan seperti sebelumnya. Pintasan ini juga dapat di tekan berulang kali untuk mengembalikan atau memajukan beberapa perubahan yang telah dilakukan. Menekan tombol Ctrl + Y berfungsi sebaliknya dari Ctrl + Z.

  • Tips : Bila anda melakukan percobaan pintasan mengopy atau memindahkan dengan terus menekan berkali-kali Ctrl + Z maka perubahan tersebut juga akan di kembalikan.


4. Ctrl + F


Menekan tombol pintasan Ctrl + F akan membuka kolom pencarian di banyak program. Ctrl + F juga berfungsi pada browser anda untuk mencari kata yang ada dihalaman tersebut. Coba anda tekan Ctrl + F sekarang untuk membuka kolom pencarian pada browser anda dan carilah kata "text" untuk mengetahui berapa kali kata tersebut di sebutkan pada halaman ini. 


5. Alt + Tab atau Ctrl + Tab


Menekan tombol Alt + Tab akan membuka pilihan untuk setiap program yang sedang dijalankan yang akan di buka. Misalnya, bila anda sedang menjalankan beberapa program pada komputer anda tekan dan tahan tombol Alt lalu tekan tombol Tab untuk merubah tampilan pada program yang lainnya . 
  
  •  Tips : Menekan tombol Ctrl + Tab akan memindahkan kolom dalam sebuah program. Sebagai contoh, Bila anda sedang membuka beberapa tabs dalam browser anda cobalah tekan tombol Ctrl + Tab untuk berpindah ke tabs lainnya.
  • Tips : Dengan menambah tombol Shift key pada Alt + Tab ataupun Ctrl + Tab maka gerakan berpindah akan mengarah mundur. Contohnya, bila anda menekan tombol Alt + Tab dan berpindah ke program lainnya, maka bila anda menekan tombol Alt + Shift + Tab anda akan kembali pada program awal.



6. Ctrl + Back space dan Ctrl + Tanda Panah ke Kiri atau ke Kanan


Menekan Tombol Ctrl + Backspace akan menghapus langsung satu kata utuh dann bukan per abjad.

Tekan dan tahan tombol Ctrl dibarengi dengan menekan tanda panah ke kiri atau ke kanan maka kursor ketikan akan langsung berpindah perkata sesuai arahnya, Sedangkan tekan dan tahan tombol Ctrl + Shift dan dibarengi dengan menekan tanda panah ke kanan ataupun ke kiri, maka kita bisa menandai kalimat perkata dan bukan per abjad.


7. Ctrl + S


Ketika anda sedang mengerjakan sebuah dokumen ataupun berkas lain di banyak program, Menekan Ctrl + S berfungsi untuk menyimpan data anda. Jangan lupa untuk selalu menekan pintasan ini dikala sedang mengerjakan berkas apapun untuk mengindari kehilangan data apabila terjadi kendala pada komputer anda misalnya Hang atau Listrik Padam.


8. Ctrl + Home atau Ctrl + End


Ctrl + Home akan menggerakkan kursor ketikan langsung menuju awal dari sebuah dokumen, dan tombol Ctrl + End akan menggerakkan kursor ketikan langsung ke akhir dokumen. Kebanyakan pintasan ini sering dipakai dalam pengerjaan ketikan ataupun pada halaman website.


9. Ctrl + P


Pintasan ini berfungsi untuk membuka tampilan cetak untuk sebuah berkas ataupun halaman web. Sebagai contoh, tekanlah Ctrl + P sekarang untuk menampilkan tampilan print/cetak dari halaman ini. 


10. Page Up, Space bar, dan Page Down 


Menekan tombol antara salah satunya akan memindahkan tampilan seperti pada tombol scroll pada mouse, dan ketika pada halaman browser anda, menekan tombol Spasi juga berfungsi untuk menggulirkan layar kebawah.

  • Tips : Bila anda menekan tombol spasi untuk menggulirkan layar kebawah,maka apabila anda menekan tombol Shift + spasi maka akan berlaku sebaliknya.


Demikianlah Tips dan Trik yang saya bahas kali ini " 10 shortcut pada keyboard yang harus anda tahu " semoga dapat berguna bagi anda sekalian.

Salam Ganteng
Bang LoKAn

Silahkan bertanya asalkan sopan