19 Oktober 2016

APAKAH ITU TEAMING LAN

Apa sih itu TEAMING LAN ?




NIC / LAN Card

Pengertian dan Definisi :

NIC Teaming, juga dikenal sebagai load balancing dan failover (LBFO), memungkinkan beberapa adapter jaringan pada komputer untuk ditempatkan dalam tim untuk tujuan berikut:
  • Agregasi bandwidth, yaitu menyatukan dua kecepatan dari NIC menjadi satu misalnya bila agan punya dua lan card 1 GB, maka bila di satukan akan mencapai kecepatan 2 GB.
  • Lalu lintas failover untuk mencegah hilangnya konektivitas dalam hal kegagalan komponen jaringan

Kapan biasanya TEAMING LAN ini digunakan, biasanya TEAMING LAN ini digunakan saat kecepatan transfer data yang di perlukan lebih besar seperti pada mode VIRTUAL dan DISKLESS Cyberindo, dikarenakan IMAGE maupun HDD Virtualisasi membutuhkan transfer data yang lebih besar untuk Client-Clientnya. Semakin banyak jumlah Client maka semakin besar Kapasitas transfer data yang di butuhkan.

Yang Perlu diperhatikan sebelum melakukan TEAMING

NIC Teaming tidak sekedar hanya nambah lancard saja, ingat unuk mendapatkan kecepatan maksimal ada beberapa hal yg harus anda perhatikan

1. Kualiatas dari lan card/NIC
2. Switch Hub yg mendukung
3. Kualitas Kabel

4. Kualitas RJ45 dan teknik krimping


Seandainya Teaming di server dengan menggunakan 6 buah lan card dengan Agregasi total 6 Gb tetapi kuota switch hub cuma 1 Gb maka bisa dipastikan hasilnya " Percuma " karena akan terjadi bottleneck / leher botol.



Bottle Neck

Teaming sendiri sering digunakan untuk mode diskless, karena mode tersebut memerlukan transfer data antar LAN yang kencang untuuk booting OS Windows dan Virtualisasi HDD


Mudah-mudahan setelah mengikuti cara-cara di atas permasalahan agan dapat terselesaikan, bila masih belum selesai silahkan bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

1 komentar:

cara setinng nya gimana y

Silahkan bertanya asalkan sopan