01 Mei 2017

Tips Menjaga Harddisk Agar Menjadi Lebih Awet

Tips menjaga harddisk lebih awet:

Tips menjaga harddisk lebih awet
Harrdisk sebagai Storage
Harddisk adalah sebuah hardware yang di gunakan sebagai penyimpan data atau Storage, dimana Operating System juga termasuk dalam salah satu data yang di maksud. Kerusakan pada harddisk tentunya dapat meyebabkan komputer anda menjadi lambat, file hilang atau malah terjadi kegagalan fungsi. Hal ini tentunya adalah sebuah mimpi  buruk bagi setiap orang yang menggunakan harddisk sebagai penyimpanan data.

Berikut ini saya akan membahas beberapa tips dan trik untuk menjaga performa harddisk anda agar tetap baik dan berfungsi sebagai mestinya. Dimana artikel ini juga bersumber dari pengalaman pribadi dan juga kumpulan dari share teman teman di forum.

Perawatan Hardware:


  • Pakai PSU yang merknya sudah terpercaya
  • Pakai UPS untuk menghindari PC mati tiba-tiba saat pemadaman listrik, ditambah untuk menstabilkan voltase.
  • Letakkan PC di tempat yang jarang kena senggol dan getaran.
  • Jangan restart PC dari tombol reset di casing kalau tidak karena terpaksa, misalnya PC hang.
  • Jangan tekan tombol power dari casing untuk mematikan PC, itu bukan TV.
  • Jangan memasang kipas casing sejalur dengan kabel power hard disk.
  • Kalau terpaksa pake PSU abal-abal, jangan menggunakan kipas casing lebih dari 1.
  • Rutin membersihkan PC dari debu, termasuk dari semua kipas, karena debu yang banyak menyebabkan kipas bisa macet, selain membuat kipas melambat, bagian rotornya juga akan overheat, menyebabkan arus bocor semakin besar.
  • Gunakan casing yang punya celah di depan harddisk, agar kamu dapat mengatur sirkulasi udara dari kipas untuk dapat melewati harddisk, hal ini akan membuat harddisk lebih dingin.
  • Pemasangan kipas yang baik, bukan dengan cara semua arah angin ke dalam PC, tapi harus ada yang menariknya keluar. Kalau bisa gunakan casing yang punya kipas di depan harddisknya untuk mengisap udara dari luar, selanjutnya dikeluarkan oleh kipas bagian belakang casing.
  • Jangan membuka tutup casing, karena itu tidak akan membuat PCmu lebih dingin, malah membuat debu semakin gampang masuk dan terendap karena tidak ada yang membuangnya, hal ini karena angin dari kipas akan melebar ke mana-mana, sehingga sirkulasi udara berantakan, dan debu akan tetap terendap karena kekuatan angin untuk membuangnya kurang.
  • Hindari pemakaian USB yang terlalu banyak, termasuk cooling pad [pada pengguna laptop], cooling pad sebaiknya menggunakan adaptor sendiri, karena walaupun mainboard sudah punya voltage controller untuk masing2 usb, akan selalu ada arus bocor.
  • Hindari membawa-bawa laptop dalam keadaan masih hidup apapun ceritanya [termasuk mode sleep/hibernation], apapun itu yang penting indikator power harus dalam keadaan mati.
  • Hindari instal ulang terlalu sering, karena saat instal ulang perputaran plate harddisk jauh lebih kencang, membuat harddisk jauh lebih panas. Perputaran yang sangat kencang rentan menimbulkan getaran, getaran dapat menimbulkan goresan micro pada plate harddisk, itu dapat mengurangi umur harddisk.


Perawatan Software:

Matikan file indexing

file indexing adalah fitur untuk membantu mempercepat pencarian file. Jika kamu bukan pekerja kantoran yang menyimpan ribuan file dan bukan tipe pemalas untuk menempatkan file secara terorganisir, secara rapi, sehingga lebih prefer untuk mencari file secara manual, lebih baik fitur ini dimatikan.

Dengan indexing file kinerja harddisk juga akan semakin berat, dan sangat rentan terhadap pemaksaan harddisk membaca semua file, dan hal ini menyebabkan harddisk jg secara otomatis mencoba terus membaca file yang terfragment.

Gunakan Software Tweak

 Pakai Software tweak yang punya utilitas untuk mengoptimalkan I/O harddisk, dan juga mengoptimalkan performa harddisk.

Matikan Fitur Pembuangan ke Recycle Bin

Mematikan fitur pembuangan ke Recycle Bin agar file yang dihapus tidak masuk ke situ, karena file yang dihapus tidak akan benar-benar hilang jika fitur ini masih aktif, saat kamu melakukan instal-uninstal software, atau hapus file, maka semua akan masuk ke situ. Hal itu dapat membuat HDD membengkak, dan kadang tanpa kamu sadari used space HDD akan hampir penuh, hal ini akan mempengaruhi buffering harddisk saat read/write data. Idealnya minimal sisa space harddisk 10%, kalau tidak, akan sangat lambat dan cepat rusak.

Gunakan Anti Virus 

untuk mengindari virus yang sering mengacaukan address-address file di sektor-sektor harddisk, hal ini akan membuat harddisk terfragmentasi.

Gunakan Pembersih Registry

Gunakan CCleaner atau utilitas lain untuk membersihkan junk file dan registry error. Kalau bisa gunakan juga utilitas yang ada registry defragmentationnya.

Matikan Background Proses

Hindari penggunaan aplikasi yang mempunyai fitur monitoring, selain mengurangi beban processor dan ram, akan mengurangi beban harddisk juga.

Defragment

Gunakan software untuk mendefrag harddisk.

1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Silahkan bertanya asalkan sopan