24 Juni 2020

Apa Sih Perbedaan Keyboard Gaming dan Yang Biasa

Main game high end dengan keyboard biasa? aduuh enggak banget deh. Pasti rasanya enggak nyaman, terlebih kamu seorang maniak game. Keyboard biasa itu enaknya main mini game dan ngetik tugas sekolah aja deh.

Apa perbedaan antara keyboard gaming dan keyboard biasa?


penampakan membran karet di keyboard biasa
penampakan membran karet di keyboard biasa

Jika anda pernah melepas tombol di keyboard biasa, keyboard ini masih memiliki switch membran (karet), switch jenis ini memiliki ketahanan 10 juta klik. Dan switch jenis ini rawan sekali ghosting (ketika mengetik dengan cepat/menekan beberapa tombol sekaligus, perintah yang diberikan tidak akurat), yang mana sangat tidak direkomendasikan untuk gaming kelas atas.

Keunggulan Keyboard Biasa:

  • Ringan
  • Murah
  • Tombol empuk
Keyboard gaming mechanical
Keyboard gaming mechanical

Sementara untuk keyboard gaming/mechanical sudah menggunakan teknologi Spring, jadi sudah memakai besi. Dan sudah jelas dengan teknologi ini akan memperpanjang daya tahan, hingga 50 juta klik. Keyboard semacam ini, sangat direkomendasikan untuk gaming kelas atas karena anti-ghosting. Switch mechanical memiliki beberapa jenis, dibedakan dengan warna. Perbedaan jenis ini mengacu dengan feel dan suara ketika keyboard ditekan (sebagai contoh switch warna biru memiliki feel 'klik' dan keras ketika di tekan serta memiliki bunyi yang paling keras diantara switch jenis lainnya). Dan tentu saja harga keyboard ini bisa berjuta-juta.

Keunggulan Keyboard Gaming:

  • Tahan lama
  • Anti-ghosting
  • Sebagian besar keyboard ini sudah dilengkapi dengan lampu RGB untuk menambahkan kesan gaming

Silahkan bertanya asalkan sopan