21 Juni 2020

Apakah Laptop Dengan Intel Core i7 Lebih Baik Daripada i3 Dan i5?

Mau beli laptop seken tetapi masih bingung memilih spek yang sesuai buat kamu?
Bingung dengan processor yang di butuhkan, apakah processor Core i7 pasti Lebih Baik daripada i3 dan i5.

Pada umumnya ya, tapi tergantung juga seri prosesor i3, i5 atau i7 yang anda bandingkan.

Intel Processor 10th Gen
Intel Processor 10th Gen

Perbandingan Laptop Dengan Core i7, i3 dan i5


Biarkan saya memberi contoh seberapa memusingkan hal ini:

Sekarang Intel menjual prosesor dual core i7 8500Y yang dikhususkan untuk laptop sangat tipis. Mereka juga menjual i3 8100H yang adalah prosesor quad core yang jauh lebih kuat dari i7 8500Y dan i3 8100H memiliki performa grafis bawaan yang lebih hebat.

Prosesor i3 8100H juga lebih murah dari i7 8500Y, jadinya laptop yang menggunakan i3 8100H akan lebih murah juga harganya. Mengapa bisa seperti ini? Saya akan coba jelaskan:

Saat melihat sebuah prosesor Intel, anda tidak boleh hanya melihat i3, i5, i7 dan i9. Anda juga harus melihat lanjutan nomor dan huruf dari kode nama prosesor tersebut.

kode pada prosesor
kode pada prosesor
Ini contoh bagaimana prosesor Intel diberi nama. Hal yang paling penting adalah generasi keberapa prosesor tersebut dan product line suffix.

Pada contoh kasus i3 8100H, prosesor ini adalah generasi ke-8, generasi yang sama dengan i7 8500Y.

Sekarang coba lihat product line suffix yang kadang ada satu huruf atau dua huruf. Ada juga yang terdiri dari satu huruf dan satu nomor. Ini adalah akhiran yang paling umum dari prosesor laptop Intel.

akhiran prosesor laptop Intel
akhiran yang paling umum dari prosesor laptop Intel


Seperti yang anda lihat "H" mengartikan prosesor tersebut memiliki performa grafis yang tinggi. Kadang-kadang mereka menambahkan "H" hanya untuk menunjukkan bahwa prosesor tersebut menyedot daya yang lebih besar dari prosesor dengan akhiran "U". Kalau akhiran HQ juga kadang-kadang ditambahkan dan ada beberapa prosesor quad core yang tidak memiliki akhiran "Q". Hanya Intel yang tahu kenapa seperti itu.

Seperti yang anda lihat akhiran Y pada i7 8500Y merujuk pada penggunaan daya yang sangat rendah yang dikhususkan pada prosesor mobile. Prosesor seri ini dan termasuk generasi ke-8 Intel telah dilengkapi dengan dual core hyperthreading yang menggunakan setidaknya 5 Watt. Ini berarti baterai lebih lama tahan dan prosesor ini berjalan dengan suhu yang dingin sehingga tidak diperlukan kipas lagi. Generasi ke-10 akan menjadi yang pertama kali menyediakan 4 core pada prosesor seri "Y".

Seri U hingga generasi ke-7 juga memiliki core maksimal dua saja, tapi sekarang prosesor ini juga sudah disertai 4 core. Tahun depan ada juga rencana untuk memberikan 6 core pada prosesor seri ini. TDP dari prosesor seri U biasanya sebesar 15 Watt, jadi sedikit lebih besar dari seri Y, tapi tetap saja sudah cukup efisien dalam penggunaan daya.

Prosesor i3 8100H adalah prosesor yang lebih besar karena memiliki TDP 45 Watt. Ini artinya prosesor ini lebih kuat dan digunakan untuk laptop yang lebih tebal. Akhiran H, dan khususnya HK pada i3, i5, i7 dan i9 biasanya ditemukan pada laptop workstation yang lebih besar dan tebal atau pada laptop gaming.

Semoga informasi ini bisa membantu. Penamaan pada Intel bisa sangat membingungkan jadi kadang tidak mudah memilih laptop yang cocok untuk kebutuhan kita. Secara umum, angka yang lebih tinggi artinya lebih baik, tetapi tidak selalu.

Semoga beruntung.

Catatan Kaki:


Silahkan bertanya asalkan sopan