21 Juni 2020

Selain GeForce ternyata NVidia memiliki Seri Quadro, Tesla, dan Shield

NVIDIA Corporation adalah sebuah perusahaan produsen prosesor grafis, kartu grafis, dan media dan alat-alat komunikasi untuk komputer pribadi, dan konsol permainan Sony Playstation 3. Produk paling terkenal dari NVIDIA adalah seri GeForce yang digunakan untuk bermain permainan komputer.

Produk Nvidia yang paling dikenal ada dua, yaitu GeForce dan Quadro.


GeForce adalah kartu grafis untuk umum dan biasanya dipasarkan sebagai perangkat gaming. Drivernya dioptimalkan untuk menghasilkan frame per second yang tinggi. Biasanya setiap ada game AAA yang dirilis, drivernya juga ikut diperbarui.

Di dalam keluarga GeForce ini ada beberapa nama:

  • Ti. Digunakan pada sebuah seri kartu grafis yang memiliki frekuensi GPU dan memori lebih tinggi. Misalnya GTX 1080 dan 1080Ti yang berbeda 120 MHz. Berbeda seri chip GPUnya.
  • Super. Kalau tidak salah ini digunakan pada seri kartu grafis yang memiliki jenis memori berbeda - GDDR5 dengan GDDR6. GPUnya sama.
  • Titan. Ini bisa dibilang versi limited edition. Konfigurasinya paling tinggi walaupun memiliki GPU yang sama. Biasanya tidak disebut GeForce, sih.

Perbandingan Varian dari GeForce
Contoh Perbandingan Varian dari GeForce

Quadro adalah kartu grafis untuk para profesional. Dioptimalkan untuk melakukan pengolahan CAD (computer-aided design). Bentuk chip GPUnya saja beda dengan GeForce.

Walaupun jauh lebih mahal, Quadro justru payah kalau dipakai main game karena drivernya beda.

Quadro digunakan untuk profesional
Quadro digunakan untuk profesional

NVS adalah kartu grafis yang didesain untuk bisnis yang perlu menampilkan gambar di banyak layar. Contohnya pada lantai bursa. Ini masih keluarga Quadro.

penggunaan NVS di bursa saham
Penggunaan NVS di Bursa Saham

Nvidia NVS
Nvidia NVS

Selain itu Nvidia juga memiliki GPU lainnya seperti Tesla dan Shield.


Tesla adalah GPGPU (General Purpose GPU), dia bukan difungsikan sebagai pengolah gambar saja, tetapi sebagai pengolah data secara umum. Makanya Tesla digunakan di data center. Sekarang Tesla sudah tidak dilanjutkan, digantikan dengan Ampere.

Shield adalah GPU yang dibuat untuk konsol game dan android TV Nvidia.


Silahkan bertanya asalkan sopan