20 Juni 2020

Mempercepat Laptop Lama , Bagaimana Baiknya Ya

Apa cara terbaik untuk mempercepat laptop lama, menambah RAM, atau membeli prosesor baru (CPU / GPU)?

Semua jawabannya salah!

Salah salah salah!

Cara terbaik untuk mempercepat laptop lama bukanlah menambah RAM, atau bahkan mengganti hard disk drive dengan SSD.

laptop tua lama
Laptop Lama :D

BEGINI CARA MEMBUAT LAPTOP KEMBALI NGEBUT


Berikan pasta termal. Tugasnya adalah untuk mengisi celah mikroskopis antara CPU dan heatsink yang mendinginkannya, sehingga panas keluar dari CPU secepat mungkin. Ketika pasta termal tidak berfungsi dengan benar, laptop harus mematikan kinerja agar tidak terlalu panas.

Masalahnya, produsen hampir selalu menggunakan pasta berkualitas rendah untuk menghemat uang. Ini tidak terlalu menyakitkan jika komputernya masih baru, tetapi seiring waktu berlalu pasta termal jelek akan mengering dan berhenti bekerja. Inilah mengapa laptop lama bisa menjadi lebih panas dan lebih lambat secara misterius seiring bertambahnya usia.

pasta termal
Illustrasi Pemberian Pasta Thermal

Jadi, kurang lebih upgrade terbaik yang dapat kamu lakukan - baik dalam hal kinerja, keuangan, dan stabilitas sistem secara keseluruhan - adalah cukup buka heatsink nya dan ganti pasta termal yang lama dengan yang lebih baik.

Jika pasta yang lama baik-baik saja, Kamu tidak perlu membuang lebih banyak uang dan masih mendapat sedikit manfaat - tetapi jika itu masalahnya, perbedaannya akan menjadi absolut siang dan malam.

Beginilah tampilan pasta termal pada laptop saya yang berusia 6 tahun ketika saya melepas heatsinknya - lebih sedikit pasta dan lebih banyak bubuk:

Bersihin Laptop
Bersihin Laptop Gan

Dengan pasta baru seharaga $ 2, satu jam pembongkaran, dan sedikit pembersihan, komputer ini berjalan lebih cepat, lebih tenang, dan 15 derajat lebih dingin saat tidak digunakan.

Lebih efisien bukan.


Sunting untuk semua komentar mengenai SSD:


Hanya karena seseorang menyarankan satu cara upgrade tidak berarti sesuatu yang lain tidak berharga. "Peningkatan terbaik" tidak berarti "satu-satunya hal yang harus kamu lakukan"

Orang-orang dengan membabi buta sering menukarnya ke SSD karena melebih-lebihkan manfaat dari upgrade klasik. SSD terutama baik untuk pembacaan disk yang lebih cepat - seperti ketika memulai komputer dan meluncurkan program. Jika SSD memberi kamu respons yang lebih baik di mana-mana, komputer mungkin menggunakan disk sebagai memori tambahan (paging). Itu pertanda bahwa yang benar-benar kamu butuhkan untuk menambah RAM.

Silahkan bertanya asalkan sopan