20 Juni 2020

Perbandingan kecepatan server Google dengan PC rumahan

Google dan website besar lain tidak menggunakan hanya SATU buah server, tapi JUTAAN server yang ditempatkan di beberapa data center raksasa, mereka juga menggunakan satu trik lagi untuk memberi respon yang lebih cepat: mereka menyimpan banyak elemen yang sama dari halaman web dalam "edge cache" yang ada di dekat rumahmu.

Server Google
Server Google


Seperti ini cara kerja server Google


Coba perhatikan halaman web yang kamu lihat sekarang. Ada beberapa bagian yang sangat spesifik merespon input yang kamu berikan, tapi sisanya sangat umum dan terlihat sama bagi semua orang. Beberapa bahkan sangat statis - ikon dan logo tidak berubah selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun.

Server Facebook
Server Facebook


Saat kamu mengakses sistem host (google, FB, dll), permintaan kamu mungkin akan melalui perjalanan yang jauh melewati internet untuk sampai ke tempat host, dan host akan merespon balik melalui jalur yang sama. Itu perlu waktu. Kita mungkin hanya mengukurnya dalam jangka sepersekian detik, tapi itu tetap diperhitungkan.

Server Amazon
Server Amazon


Dulu sekali ada orang pintar yang menemukan bahwa mereka bisa menghemat waktu (dan bandwidth) jika konten yang banyak dilihat orang disimpan di dekat lokasi mereka daripada di lokasi host. Jadi mereka menempatkan elemen2 seperti grafis yang memerlukan ukuran file besar di ISP yang setuju untuk menyimpan konten mereka. Ini berarti waktu yang kamu perlukan untuk mengakses seluruh halaman web mereka menjadi jauh lebih cepat.

Server Microsoft
Server Microsoft


Untuk sebagian orang, kecepatan respon menjadi sangat kritis bagi bisnis mereka. Contohnya, kalau kamu mencari di google, kamu pasti ingin hasilnya keluar secepat mungkin.

Di zaman sekarang, teknik ini sudah menjadi hal umum yang digunakan oleh semua website besar. Puluhan ribu pusat layanan internet mendukung "edge cache". Di akhir 1990-an, saya bertugas mengembangkan prosedur untuk mendirikan 5,000 data center baru setiap tahunnya, dan menggunakan satelit untuk menyiarkan konten umum ke seluruh penjuru dunia. Kami memberikan masing2 ISP yang berpartisipasi perlengkapan satelit senilai $30,000 untuk mengurangi biaya koneksi mereka.

Silahkan bertanya asalkan sopan